Arsenal Dikerjai Wasit, Emery: VAR Penting!

GEMARBOLA –¬†Arsenal dibantai Liverpool dengan skor telak 1-5 pada laga lanjutan Premier League 2018/19, Minggu (30/12) dini hari WIB tadi. Dua gol Liverpool hadir dari titik putih yang berawal dari keputusan kontroversial wasit Martin Oliver.

Pelatih Arsenal, Unai Emery memang menolak menyalahkan wasit pada pertandingan tersebut. Namun, Emery percaya VAR seharusnya bisa membantu wasit membuat keputusan lebih baik.

Dua keputusan penalti itu memang meragukan. Pertama, ketika Mohamed Salah dijatuhkan Sokratis Papastathopoulos, sedangkan yang kedua dihadiahkan setelah Sead Kolasinac melanggar Dejan Lovren.

Pelanggaran-pelanggaran itu cukup minor dan tak terlalu berbahaya. Karena itulah Emery merasa VAR seharusnya bisa membantu wasit.

Sebagai pelatih Arsenal, Emery memilih bertanggung jawab atas kekalahan timnya. Dia mengakui dua gol penalti itu menyulitkan timnya, tetapi bagaimanapun Emery tak mau menyalahkan wasit.

“Dua gol terakhir itu, dua penalti, saya pikir itu menyulitkan kami. Saya pikir VAR penting – akan datang tahun depan, karena saya pikir VAR akan membantu wasit mengambil keputusan yang lebih baik,” ujar Emery di fourfourtwo.

Menurut Emery, Arsenal kalah karena gagal menjaga keseimbangan tim. Dia mengakui timnya bertahan dengan buruk dan harus membayar mahal kesalahan itu dengan kekalahan telak.

“Momen-momen defensif pada kotak penalti kami, itulah tanggung jawab saya dan kami membutuhkan keseimbangan. Kami harus menjaga keseimbangan di lini tengah.”

“Kami kalah 5-1, kami harus menjaga keseimbangan di tengah, tampil serius, dan melanjutkan langkah kami dengan pertandingan besar di Emirates Selasa nanti [vs Fulham],” sambung dia.

“Kami harus membuktikan pada suporter kami bahwa kami bisa bangkit setelah kekalahan ini.”

 

, , ,